Rss Feed Facebook Twitter Google Plus

post:


Thursday, May 28, 2020

MAKETING INTELEGENCE (MI)


Aqua VS Nestle Pure Life
Masyarakat perkotaan sehari-hari semakin padatdansibuk dengan berbagaiaktivitasnya, membuat tingkat stresdan kepenatanmasyarakat yang semakintinggi.Hal ini membuat terjadinya pergeseran gaya hidup masyarakatmenjadiserbainstanterutamamasyarakatdi daerah kawasan padat penduduk dalammengonsumsi air minum,merekalebih praktismembeli air minum dalamkemasandaripada memasaknya di rumah.Tingginya tingkat persaingan dalamusaha air minum dalam kemasanmenuntut setiapmanajemen berusahamenemukan strategi khusus untuk menciptakan keunggulanbersaing, sehinggadapat menempatkanperusahaan pada posisi teratas(market leader),sekaligusmampu mempertahankan posisi tersebut.
Marketing intelligence adalah sebuah strategi yang dapat dilakukan oleh semua perusahaan untuk memperoleh informasi  dengan pengumpulan data dan analisis pasar yang sesuai dengan keadaan pasar saat ini. Dimana informasi yang diperoleh dalam marketing intelligence ini akan diolah dalam sistem informasi marketing. Dalam bisnisnya marketing intelligence merupakan pekerjaan yang tidak melanggar hukum, pekerjaan yang tidak mencuri data dari perusahaan lain atau mencuri data-data ilegal untuk mendapatkan informasi dan informasi yang dalam marketing intelligence adalah bersifat rahasia.
Di era modern seperti ini air dalam kemasan sangatlah mempermudah orang untuk melakukaan aktifitas. Sehingga air minum kemasaan yang saat ini beredar di pasar sangat ketat dalam persaingan. Berbagai merek yang sering di temui di pasar adalah Aqua, Nestle Pure life, le mineral, Vit, dll. Dari sekian banyak brand pastilah ada yang menjadi market leader. Dimana market leader ini akan selalu menjadi patokan oleh setiap kompetitornya.
Saat ini Aqua masih menjadi market leader di pasar Indonesia sehingga dengan menguasai pasar aqua mampu menyaingin semua kompetitornya. Dengan usia brand yang lama aqua menjadikan pasar selalu mengingat air mineral = aqua. Ini menjadi poin yang sangat penting untuk mempertahaankan eksistensi dari aqua.
Tetapi dengan itu saja tdak cukup. Pesaing seperti nestle pure life hadirdengan menawarkan harga dan kwalitas yang lebih baik dari pada aqua. Nestle mengenalkan diri dengan nama besar dan standart higienis yang tinggi sehingga hasil dari air lebih segar di rasakan oleh bnyak orang.


Share This :

0 comments:

Post a Comment