UMKM sebenarnya sudah
secara jelas dalam undang-undang nomor.
20/2008. pada undang-undang tersebut, disebutkan bahwa UMKM adalah usaha
perusahaan kecil yang dan dikelola oleh seseorang yang atau dimiliki oleh
sekelompok kecil orang dengan jumlah karyawan dan pendapatan tertentu.
perkembangan UMKM
Indonesia
dari tahun ke tahun
sektor UMKM di Indonesia terus mengalami peningkatan. kembali ke 10 tahun lalu
yakni 2009 jumlah UMKM adalah 52764750 unit dengan pangsa 99,909% memasuki
tahun 2014-2016, jumlah tersebut meningkat menjadi lebih dari 57,9 juta unit.
lalu pada tahun 2017
UMKM di Indonesia diperkirakan sudah mencapai lebih dari 59000000 unit. tidak
mengherankan apabila UMKM menjadi salah satu bagian penting signifikan dalam
Tulang punggung perekonomian Indonesia.
bahkan sebanyak lebih
dari 88,8 sampai dengan 99,9% bentuk usaha di Asean adalah UMKM dengan
penyerapan tenaga kerja sebanyak 51 sampai dengan 97%.
positifnya
perkembangan sektor UMKM di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari dukungan
perkembangan terkait penyaluran kredit kepada para pelaku UMKM.
Kesempatan kali ini saya ingin
bercerita tentang sebuah usaha kecil. Seorang pedagand Sate Madura. Mahfud biasa
di panggil orang -oramg. Berasal dari sebuah desa yang jauh di jawa timur,
mafud megadu nasib di Jakarta sejak 2010. Berjualan sate adalah pangiilan hidup
sang saat ini di tekuni. Berjualan di teras toko, mafud mulai berdagang dari
pukul 6 – 12 malam . setiap harinya Mahfud menyiapkan 200-250 tusuk sate dengan
harga perporsi 18.000 / 10 tusuk.
Mafud memulai pekerjaannya di sebuah kosan kecil di
daerah pulogadung Bersama seorang istri dan seorang anak yang berusia 3 tahun. Setiap
malam dia biasanya mendapatkan untung maksimal 200.000. dari uang itu di dia
menghidupi keluarga kecilnya tersebut.
Menurut
saya sate ayam yang di jual ini memiliki rasa yang cukup nikmat. Sehingga mampu
menarik pelanggan untuk kembali membeli satai ini lagi. Dengan harga yang masih
tergolongmurah maka bayak orang dari kalangan bawah yang menjadi pasar utama
bagi mafud.
SWOT
Kekuataan :
·
Tempat strategis
·
Rasa yang enak
·
Harga yang murah
·
Tutup malam hari
Kekurangan :
·
Tidak ada meja untuk makan di tempat
·
Kebersihan kurang terjaga,karena di pinggir jalan
Peluang :
·
Dapat di kembangkan untuk menjangkau pasar lebih
besar dengan lokasi yang lebih proper
·
Memiliki pelanggan dari kalangan bawah hingga
atas
Ancaman :
·
Sering terjadi pungli
·
Banyak Kompetitor
·
Konsumen sering meragukan kebersihan
Share This :
0 comments:
Post a Comment