Rss Feed Facebook Twitter Google Plus

post:


Sunday, April 5, 2020

UMKM

UMKM sebenarnya sudah  secara   jelas dalam undang-undang nomor. 20/2008. pada undang-undang tersebut, disebutkan bahwa UMKM adalah usaha perusahaan kecil yang  dan dikelola oleh seseorang yang atau dimiliki oleh sekelompok kecil orang dengan jumlah karyawan dan pendapatan tertentu.

 perkembangan UMKM Indonesia

 dari tahun ke tahun sektor UMKM di Indonesia terus mengalami peningkatan. kembali ke 10 tahun lalu yakni 2009 jumlah UMKM adalah 52764750 unit dengan pangsa 99,909% memasuki tahun 2014-2016, jumlah tersebut meningkat menjadi lebih dari 57,9 juta unit.
 lalu pada tahun 2017 UMKM di Indonesia diperkirakan sudah mencapai lebih dari 59000000 unit. tidak mengherankan apabila UMKM menjadi salah satu bagian penting signifikan dalam Tulang punggung perekonomian Indonesia.
 bahkan sebanyak lebih dari 88,8 sampai dengan 99,9% bentuk usaha di Asean adalah UMKM dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 51 sampai dengan 97%.

 positifnya perkembangan sektor UMKM di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari dukungan perkembangan terkait penyaluran kredit kepada para pelaku UMKM. 
Kesempatan kali ini saya ingin bercerita tentang sebuah usaha kecil. Seorang pedagand Sate Madura. Mahfud biasa di panggil orang -oramg. Berasal dari sebuah desa yang jauh di jawa timur, mafud megadu nasib di Jakarta sejak 2010. Berjualan sate adalah pangiilan hidup sang saat ini di tekuni. Berjualan di teras toko, mafud mulai berdagang dari pukul 6 – 12 malam . setiap harinya Mahfud menyiapkan 200-250 tusuk sate dengan harga perporsi 18.000 / 10 tusuk.
                Mafud   memulai pekerjaannya di sebuah kosan kecil di daerah pulogadung Bersama seorang istri dan seorang anak yang berusia 3 tahun. Setiap malam dia biasanya mendapatkan untung maksimal 200.000. dari uang itu di dia menghidupi keluarga kecilnya tersebut.
                Menurut saya sate ayam yang di jual ini memiliki rasa yang cukup nikmat. Sehingga mampu menarik pelanggan untuk kembali membeli satai ini lagi. Dengan harga yang masih tergolongmurah maka bayak orang dari kalangan bawah yang menjadi pasar utama bagi mafud.

SWOT
Kekuataan :
·         Tempat strategis
·         Rasa yang enak
·         Harga yang murah
·         Tutup malam hari
Kekurangan :
·         Tidak ada meja untuk makan di tempat
·         Kebersihan kurang terjaga,karena di pinggir jalan
Peluang :
·         Dapat di kembangkan untuk menjangkau pasar lebih besar dengan lokasi yang lebih proper
·         Memiliki pelanggan dari kalangan bawah hingga atas
Ancaman :
·         Sering terjadi pungli
·         Banyak Kompetitor
·         Konsumen sering meragukan kebersihan





Share This :

0 comments:

Post a Comment